Minggu, 01 November 2009

Analisa Website Gramedia

Tugas Interaksi Manusia dan Komputer


Analisa Website Gramedia ( www.gramedia.com )


Dosen : Dr. Dewi Agushinta Rahayu

Di Analisa oleh :
  1. Raja Manumpak (17108403)
  2. Chendy Ariyanto (17108400)
  3. Bayu Aji (17108404)
  4. Rino Pradhika (17108395)
  5. Taufiq Ramadhan (17108386)
  6. Jarot Saputro (17108326)

Kelas : 5 KA 17



1. Dari segi Methapor
Dilihat dari tampilan Website Gramedia ini, terdapat beberapa objek yang berkaitan, seperti Buku-buku yang akan Release, Best Seller , dan Coming soon disusun secara rapi.


2. Clarity
Halaman dasar website ini berwarna putih dengan menggunakan tulisan berwarna hitam namun web ini mempunyai 3 banner dengan warna yang berbeda Biru muda (pada kolom release), orange kecoklatan (pada kolom Best Seller), dan ungu muda, (pada kolom Coming) yang dimana membuat mata menarik bagi pembacanya sehingga pembaca lebih mudah mencari buku yang telah beredar, dan juga terdapat warna merah pada setiap Link.




3. Consistency


















Kita lihat dari ketiga Gambar diatas terdapat kesamaan warna yaitu Orange Kecokelatan, ditunjukkan bahwa terdapatnya metafora yang saling berkaitan yaitu objek-objek yang sama persis.


4. Alignment (Perataan)



Terlihat bahwa Frame disamping mengelompokkan Item-item secara kelompok yang tersebar pada Kiri, Tengah dan Kanan pada frame diatas, sehingga terlihat lebih teratur dan tidak adanya kekacauan antar kolom berdasarkan informasi yang akan dsampaikan pada web tersebut









5. Proximity


Terlihat dari gambar diatas terdapat jarak susunan nama pengarang, sehingga setiap Item tidak berkaitan, sehingga bila kita klik Link salah satu pengarang maka iya akan menampilkan nama pengarang tersebut, sehingga nama pengarang tersebut tersusun rapi dan teratur.


6. Contrast



Dari gambar di atas terlihat bahwa dalam suatu frame tersebut mata pembaca terlihat lebih fokus karena setiap item lebih berjangkau dan item-item tersebut diberi highlith berwarna biru supaya lebih memfokuskan mata.


Kesimpulan :
Dari hasil Analisa, kami dapat menyimpulkan bahwa Website tersebut sudah tersusun dengan rapi dan sesuai dengan unsur-unsur dari Desain Grafis. Yang dimana Para pembaca website tersebut dapat lebih fokus kepada arah Item yang akan Ia baca, namun disini juga terdapat kekurangan yaitu dimana warna website tersebut belum terupdate, mungkin hanya isi dan bacaanya saja yang lebih di utamakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar